Recent Post

Contoh dan Cara Membuat Rencana Studi (Study Plan) LPDP

Rencana studi LPDP merupakan salah satu dokumen yang paling penting untuk bisa lolos beasiswa LPDP karena pada saat kita wawancara hal yang paling banyak ditanyakan adalah tentang rencana studi. Oleh karena itu, penting buat kalian yang ingin lolos LPDP untuk membuat rencana studi dengan tepat, tidak harus sempurna yang penting mencakup kriteria essay rencana studi  sesuai pedoman LPDP.

Kriteria essay LPDP:

Contoh rencana studi saya:
DOWNLOAD VERSI PDF = Download Rencana Studi LPDP


Hal yang perlu diperhatikan saat membuat rencana studi LPDP:
  1. Jika kamu mendaftar LPDP LUAR NEGERI sebaiknya kamu membuatnya  dengan BAHASA INGGRIS (source: CS LPDP). Tapi kalau bahasa inggris anda belum bagus pakai bahasa indonesia tidak apa-apa.
  2. Jika mendaftar LPDP DALAM NEGERI pakai bahasa indonesia aja.
  3. Hindari typo, grammar error, jumlah kata yang tidak sesuai dan kesalahan teknis lainnya. Usahakan proofreading dulu sebelum submit. Kalau kamu tidak bisa proofreading sendiri bisa minta bantuan teman yang jago bahasa inggris dan bisa juga dengan bantuan software (aku dulu pake bantuan microsoft word dan grammarly buat proofing, kalau pengen tau caranya nanti ku buatkan tutorialnya).
  4. Buatlah riset yang mendalam tentang negara, universitas, dan program studi yang akan kalian ambil. Mampirlah ke blog-blog awardee untuk mencari inspirasi dan jangan malu untuk bertanya pada CS LPDP, kakak tingkat, awardee dll.

Edited by arinanda

No comments