Recent Post

Pengalaman Seleksi Administrasi beasiswa LPDP Luar Negeri Jalur Afirmasi 2018

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang seleksi administrasi LPDP secara lengkap, detail, dan terstruktur. Seleksi LPDP merupakan seleksi terberat yang pernah saya ikuti karena syaratnya banyak dan membutuhkan waktu untuk mendapatkannya. Tahapan yang sebaiknya kalian lakukan adalah:
A.    Sebelum menyiapkan syarat-syarat
  Kunjungi website LPDP : http://www.beasiswa.LPDP.kemenkeu.go.id/. Download dan baca panduan. Buat akun dan langsung daftar saja. Santai saja karena semua informasi dapat di ganti selama anda belum submit dokumen. Dengan langsung daftar maka anda akan mengetahui apa saja yang perlu di isi dan mempersiapkannya. MENGISI FORM PENDAFTARAN LPDP ITU TIDAK BISA JADI HANYA DENGAN SEMALAM.
Setelah anda memahami semua tahap dan persyaratan maka gabunglah ke grup LPDP terserah grup telegram maupun wa untuk sharing dengan peserta yang lain. Berikut link group LPDP terbaru : 
Group Umum LPDP 2018 https://t.me/lpdp2018
Group LPDP LN https://t.me/LPDPLN
Group LPDP Afirmasi https://t.me/lpdpafirmasi2018
Group LPDP DN https://t.me/lpdpDN            Group Afirmasi LN  https://t.me/afirmasiLN 
B.     Persiapan persyaratan LPDP
1.   Kemampuan bahasa, Menyiapkan dokumen resmi bukti penguasaan bahasa asing berupa sertifikat TOEFL ITP®, TOEFL iBT®, TOEIC®, TOAFL, atau IELTS™ yang masih berlaku atau bahasa asing lainnya yang ditentukan LPDP merupakan syarat pertama dan tersulit untuk didapatkan. Sesuaikan sertifikat sesuai jenis beasiswa LPDP yang akan kamu ambil seperti kalau daftar dalam negeri pakai toefl itp dan luar negeri pakai ielts. Berikut ini cara panduan menguasai toefl itp dan ielts (Link menyusul).
2.    Surat rekomendasi. Berikut ini panduan dan contoh membuat surat rekomendasi(Link menyusul).
3.   Surat pernyataan. Berikut ini surat pernyataan saya versi word (Link menyusul).
4.   Surat izin atasan. Versi word: (Link menyusul).
5.   Loa. Berikut ini panduan dan contoh mendapatkan loa (Link menyusul)
6.   Rencana studi. Berikut ini panduan dan contoh (Link menyusul)
7.   Essay. Berikut ini panduan dan contoh (Link menyusul)
8.     Surat Berbadan Sehat dan Bebas Narkoba & TBC. Berikut ini panduan dan contoh (Link menyusul).
9.   Persyaratan lain sesuai jenis beasiswa LPDP, contohnya syarat beasiswa alumni bidikmisi yaitu Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan Setempat, Slip Gaji/Surat Keterangan penghasilan orang tua, Pernyataan Kepemilikan Rumah dan Foto Rumah (sesuai format di buku panduan), Rekening Listrik 3 Bulan Terakhir, Surat Keterangan Penerima Bidikmisi dari Universitas / SK Penerima Bidikmisi. Berikut ini panduan dan contoh (Link menyusul)
C. SUBMIT semua persyaratan yang dibutuhkan.Sebaiknya submitlah maks H-1 untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Quotes by Ari Nanda “Pepatah bilang bahwa pengalaman adalah guru terbaikbagaimana jika kamu tidak punya pengalaman? Maka “belajarlah dari pengalaman orang lain””

Edited by Ari Nanda

1 comment:

  1. selain dari LPDP, terkadang ada beasiswa full dari kampus yang dituju (yg pastinya lebih sedikit saingannya), salah satunya beasiswa full dari universitas di taiwan ataupun dari pemerintah taiwan, dapat dibaca link di bawah ini juga ya…


    Cara Mendapatkan Beasiswa di National Central University (NCU) Taiwan


    Dokumen yang Dibutuhkan untuk Mendaftar ke NCU (Online)


    Nggak Mahal Kok! Ini Rincian Biaya Hidup Mahasiswa di Taiwan

    ReplyDelete